Sentuhan Manusia di Era AI: Björn Ulvaeus Ungkap Masa Depan Musik dan Pesona Abadi ABBA

BBC
Foto : BBC
Superstar ABBA, Björn Ulvaeus, percaya bahwa kecerdasan buatan (AI) dapat membawa hal-hal spektakuler bagi industri musik, namun ia memperingatkan agar tidak mengorbankan sentuhan manusia.

Penyanyi sekaligus penulis lagu berusia 79 tahun tersebut menyampaikan pandangannya kepada BBC menjelang penampilannya di sebuah konferensi bisnis yang digelar di Bridlington Spa, East Yorkshire, pada hari Jumat.

Dalam wawancara tersebut, Ulvaeus juga memberikan pujian terhadap hidangan ikan dan kentang goreng khas kota tepi laut itu, serta mengungkapkan kekecewaannya karena tidak dapat menghabiskan lebih banyak waktu di daerah tersebut.

"Saya berencana menyewa mobil dan berkeliling di utara Inggris, tetapi sayangnya, saya harus segera pulang," jelasnya.

Dalam wawancara yang luas, musisi ini menyatakan bahwa AI akan digunakan untuk membentuk masa depan industrinya.

"AI akan membuat penulisan lagu berbeda. Apakah akan menjadi lebih baik, saya tidak tahu, tetapi ini akan mempengaruhi masyarakat secara keseluruhan. Ini bisa mengarah pada hal-hal yang spektakuler. Di sisi lain, kita harus sangat berhati-hati agar tidak mengecualikan penulis lagu, produser, atau seniman manusia. Untuk terdengar di tengah keramaian, Anda harus benar-benar sangat baik. Saya pikir dibutuhkan sentuhan manusia untuk menambahkan sedikit persentase ekstra yang diperlukan untuk menciptakan lagu yang benar-benar bagus."

Masih Terkagum

Membuka cerita tentang karirnya bersama ABBA, Ulvaeus menggambarkan bandnya sebagai sangat teliti dan mengatakan bahwa ia masih sulit memahami mengapa mereka tetap sangat populer.

"Anda bisa melihat angka dan secara intelektual Anda mengerti dan mengakuinya. Tetapi secara emosional sangat sulit untuk dijelaskan," tambahnya.

"Selama bertahun-tahun saya telah memikirkannya begitu banyak, tetapi saya tetap tidak bisa menjelaskannya. Saya diingatkan akan hal itu hampir setiap hari dan saya masih terkagum."

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama