Dari Wembley ke Premier League: Kisah Inspiratif Tiga Pahlawan Play-off Championship

 

Foto : JapanTimes

Dari Wembley ke Premier League: Kisah Inspiratif Tiga Pahlawan Play-off Championship

Final Play-off Championship: Tekanan Unik dalam Pertandingan Penentu

Pertandingan final play-off Championship membawa tekanan yang luar biasa. Taruhannya tidak bisa lebih tinggi lagi ketika nasib satu musim penuh ditentukan oleh satu pertandingan di depan kerumunan yang memadati Wembley. Hadiah bagi pemenang sangat besar dan terus meningkat, sementara kegagalan bisa sangat menghancurkan.

Pada hari Minggu, Leeds United akan berhadapan dengan Southampton untuk memperebutkan satu tempat di Liga Premier. Sebuah momen istimewa menanti. Sebelum final tahun ini, tiga mantan pemain berbagi pengalaman mereka dengan BBC Sport tentang memenangkan pertandingan terkaya dalam sepak bola. Berikut adalah kisah mereka dalam kata-kata mereka sendiri kepada jurnalis Sean Cole.

Steven Caldwell - Burnley pada 2009

AFEFOOTBALLSNEWS
Foto : AFEFOOTBALLSNEWS
"Owen Coyle adalah manajer paling takhayul di sepak bola Inggris. Kami sudah bermain di London tujuh atau delapan kali tahun itu dan selalu menginap di hotel yang sama. Untuk final play-off, biasanya tim menginap di tempat yang mewah dan megah, tetapi kami kembali ke tempat yang selalu kami gunakan. Coyle bersikeras untuk membawa kami ke Wembley malam sebelum pertandingan. Kami berjalan-jalan, melihat ruang ganti, dan berfoto. Kami menjalani hari seperti turis karena sebagian besar skuad belum pernah ke sana. Itu adalah ide yang brilian karena kami datang keesokan harinya dan langsung fokus ke pertandingan. Kamu mencoba untuk tetap konsentrasi hingga detik terakhir dan tidak berpikir terlalu jauh - membayangkan dirimu berjalan menaiki tangga dan mengangkat piala. Menjaga diri tetap berada di momen itu adalah bagian yang sulit. Tetapi untuk bertahan, bekerja keras, dan mendapatkan clean sheet untuk memenangkan pertandingan adalah luar biasa. Tidak ada yang sebanding dengan perasaan ketika peluit akhir berbunyi dan kamu menyadari bahwa kamu telah membawa klub ke Liga Premier. Luapan emosi itu luar biasa. Saya hanya ingat jatuh ke tanah dan merasakan kelegaan dan kegembiraan yang luar biasa. Perayaan itu liar. Kami benar-benar menikmatinya. Kami bangun sedikit mabuk keesokan harinya dan kembali ke Burnley untuk berpawai dengan trofi di bus. Kamu bisa melihat betapa berartinya hal itu bagi komunitas. Ada lebih banyak orang yang berjejer di jalanan daripada yang sebenarnya tinggal di sana. Penggemar Burnley masih mendatangi saya dan mengatakan itu adalah hari terbaik dalam hidup mereka. Mereka memiliki kenangan yang begitu jelas dan istimewa. Itu membuatmu merasa bangga bahwa kamu menjadi bagian dari itu. Kamu memberikan kebahagiaan semacam itu kepada mereka. Melihat gambaran yang lebih besar, kamu menyadari apa yang kami lakukan untuk klub, mempersiapkan mereka untuk kesuksesan yang mereka miliki sejak saat itu."

Nathan Dyer - Swansea pada 2011

SwanseaFC
Foto : SwanseaFC
"Ketika tiba dengan bus, saya bahkan tidak bisa melihat stadion karena begitu banyak penggemar. Melihat semua orang di sana, berharap kami bisa menang, sangat luar biasa. Saya merasa gugup dan sedikit mual, tetapi begitu saya masuk ke ruang ganti, semuanya kembali normal. Pesan dari Brendan Rodgers adalah: 'Ini adalah momen untuk mengubah hidupmu.' Bermain di Liga Premier adalah impian semua anak. Menonton idolamu di Match of the Day - setiap pemain sepak bola ingin sampai ke sana dan merasakan bagaimana rasanya. Babak pertama luar biasa. Kami unggul 3-0 dengan gol-gol yang datang bertubi-tubi. Kami semua terkejut karena Reading adalah tim yang bagus. Di babak kedua, mereka bersemangat dan tidak punya apa-apa untuk kalah. Kami sedikit mundur dan mereka menghantam kami dengan dua gol dalam waktu singkat. Saya ingat melihat ke langit dan berpikir, 'Oh tidak, kami akan kalah. Tolong, jangan hari ini.' Mereka memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan dan itu cerita yang berbeda jika gol tersebut masuk. Untungnya, mereka mengenai tiang, dan kami melakukan tekel terakhir untuk menahan mereka, lalu mencetak gol di ujung yang lain. Emosi begitu campur aduk. Saya tidak tahu apakah harus tertawa atau menangis, berpikir 'Apakah ini benar-benar terjadi?' Itu tidak benar-benar terasa sampai saya melihat jadwal pertandingan dan tabel liga diperbarui, dengan Swansea di antara semua klub besar. Itu tidak nyata. Naik melalui play-off mungkin adalah hal tersulit untuk dilakukan, tetapi itu adalah salah satu perasaan terbaik. Darah, keringat, dan air mata sepanjang musim, lalu mengakhiri semuanya dengan bermain di Wembley dan merayakannya dengan semua penggemar yang datang. Kami menempatkan Swansea di peta saat itu. Itu sangat besar bagi klub sepak bola dan kota. Kami membuat sejarah."

Kevin Phillips - Crystal Palace pada 2013

Independent
Foto : Independent
"Tidak ada yang sebanding dalam sepak bola seperti final play-off. Ada begitu banyak yang dipertaruhkan dalam hal uang dan prestise, apa artinya bagi klub dan penggemar. Saya tidak menantikannya, sejujurnya. Wembley bukan tempat untuk para pecundang. Saya sudah kalah tiga kali di final play-off dan satu kali di semifinal Piala FA di sana, jadi rekam jejak saya tidak bagus. Saya tidak memulai banyak pertandingan untuk Palace, tetapi saya tahu jika pertandingan ketat menjelang tahap akhir, Ian Holloway akan memasukkan saya. Saya pikir kami memiliki peluang yang lebih baik, tetapi semakin lama pertandingan berlangsung, kamu mulai takut yang terburuk, bahwa kamu akan kalah dengan pukulan telak. Di waktu tambahan, saya memberi umpan kepada Wilf Zaha di sisi kiri. Begitu dia masuk ke dalam kotakmu, itu berbahaya. Marco Cassetti salah mengira tekel - itu adalah penalti yang jelas. Saya bisa merasakan suasana tegang di stadion, tetapi itu mungkin salah satu penalti termanis yang saya cetak sepanjang karier saya. Melihat bola masuk ke gawang adalah perasaan yang luar biasa, lalu mendengar sorakan dari para penggemar. Saya menunjuk ke arah keluarga saya di kerumunan. Mereka telah melihat saya melalui suka dan duka. Mereka telah datang ke setiap final play-off dan melihat saya menangis setelahnya. Ini adalah perasaan yang luar biasa untuk memiliki semua patah hati itu tetapi sekarang bisa merayakannya. Saya memikirkan ayah saya, yang telah meninggal bertahun-tahun sebelumnya. Saya berpikir tentang pensiun, anehnya. Saya berusia 39 tahun saat itu, jadi mengapa tidak mengumumkannya sekarang dan mengakhiri semuanya dengan gemilang? Di bus kembali ke hotel, kami minum semua alkohol yang bisa kami dapatkan, jadi kami berhenti untuk membeli lebih banyak. Tiba-tiba, ada seseorang yang mengetuk jendela. Ian Holloway berlari naik turun jalan raya dengan trofi play-off di tangannya, berteriak 'Campeones!' Penggemar Palace selalu mengingatkan saya bahwa gol saya membawa mereka ke Liga Premier, dan mereka masih di sana. Saya sangat bangga telah memainkan peran dalam hal itu."

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama